Madrasah Aliyah

Madrasah Aliyah Nurul Ulum Malang merupakan lembaga pendidikan Islam yang berada di bawah naungan Departemen Agama. Dalam usianya yang masih relatif muda berkat semangat dan kerja keras yang tidak mengenal lelah oleh seluruh warganya, kini telah menunjukkan diri sebagai lembaga pendidikan Islam yang modern, terutama jika dilihat dari penampilan fisik dan akademiknya. Sampai saat ini MA. Nurul Ulum Malang selain memiliki dengan sarana dan prasarana sebagai daya dukung pengembangan keilmuan yang dibutuhkan juga memiliki tenaga pengajar yang cukup handal, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas seperti laboratorium, perpustakaan, musholla, asrama, fasilitas seni dan olah raga.

Keinginan yang kuat lembaga yang berada di Jl. Aipda Satsui Tubun 17 Kebonsari Sukun malang ini adalah menampilkan sosok madrasah modern yang bukan hanya sekedar tempat transformasi ilmu yang berlangsung secara formal dan bersifat mekanis. Lebih dari itu ingin menjadikan dirinya benar-benar sebagai rumah ilmu, yakni sebagai rumah ilmu para penghuninya yang selalu berciri khas mengedepankan keberanian yang bertanggung jawab, kebebasan yang didasari kekuatan nalar yang kokoh, dan? keterbukaan dalam menerima segala informasi keilmuan yang diperlukan. Lembaga pendidikan sebagai rumah ilmu, tentunya para lulusanya diharapkan dapat mewujudkan sumberdaya manusia masa depan yang memiliki kekokohan intelektual, kedalaman spiritual, moral yang tinggi, ketrampilan yang handal, yang semua itu termanifestasikan dalam bentuk kesalehan teologis maupun kesalehan sosial serta memiliki visi yang jelas dan wawasan yang luas.

Nurul Ulum Malang telah melaksanakan dan mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk MA. Nurul Ulum Malang dengan mengacu pada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan. Pengembangan KTSP tersebut berpedoman pada Panduan Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan yang dikeluarkan oleh BSNP. Kurikulum ini diimplimentasikan mulai tahun pelajaran 2007/2008 di MA. Nurul Ulum Malang secara menyeluruh untuk kelas X, XI dan XII. Dan pada tahun 2014/2015 kelas X resmi menggunakan kurikulum 2013 sesuai dengan SK yang diterbitkan oleh Kanwil Surabaya.

Madrasah yang pada tahun 2005 dan 2010 telah terakreditasi dengan nilai “A” ini mendapatkan penghargaan pemerintah yang menyebut bahwa madrasah adalah sekolah umum bercirikan agama dengan penghargaan ijazah yang sama dengan ijazah umum dan plus pendidikan agamanya. Yang para lulusannya telah banyak diterima oleh berbagai perguruan tinggi dan swasta di Indonesia. Bahkan beberapa orang lulusannya telah lolos selesksi beasiswa Depag dan Diknas diterima di beberapa perguruan tinggi negeri di Jawa.

Tidak kalah penting tenaga pendidiknya juga telah meningkatkan profesionalismenya dalam bidang akademik dengan menempuh jenjang S2 bahkan S3 dengan beasiswa penuh, harapannya kualitas output siswa juga akan meningkat seiring.

Visi, Misi dan Tujuan MA. Nurul Ulum Malang

VISI MADRASAH dari penyelenggaraan pengajaran dan pendidikan di MA. Nurul Ulum Malang adalah:

Terwujudnya Madrasah yang Islami, Populis, Mandiri dalam masyarakat, Handal dalam IPTEK dan IMTAQ

MISI MADRASAH: Untuk mencapai visi madrasah, misi dari penyelenggaran pendidikan dan pembelajaran di MA. Nurul Ulum Malang terurai sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pengajaran yang berorientasi pada nilai plus
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemandirian, inovatif, kompetitif terhadap semua perkembangan kebutuhan
  3. Menumbuhkan sikap dan perilaku yang amanah, berakhlakul karimah, berpikir ilmiyah dalam segala tindakan
  4. Mampu memberikan nilai manfaat  di masyarakat, bangsa, dan negara serta agama

TUJUAN MADRASAH yang diharapkan dari penyelenggaraan pendidikan di MA. Nurul Ulum Malang ialah:

Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dirumuskan mengacu kepada tujuan umum pendidikan nasional. Berdasarkan tujuan satuan pendidikan dasar tersebut MA Nurul Ulum Kota Malang menjabarkannya menjadi tujuan strategis sebagai berikut:

  1. Tercapainya pembelajaran yang berbasis IMTAQ dan IPTEK
  2. Tercapainya lulusan yang mampu memberikan manfaat bagi agama, masyarakat, bangsa dan Negara
  3. Tercapainya tata kelola manajemen madrasah yang berstandar nasional dan internasional
  4. Tercapainya pemenuhan sarana dan prasarana yang mendukung tujuan madrasah
  5. Tercapainya pengembangan lingkungan madrasah yang berbudaya dan islami